Tips Mencegah Komedo Datang Lagi

Komedo adalah salah satu masalah kulit yang dapat mengganggu penampilan dan bahkan dapat mengurangi rasa percaya diri. Komedo sendiri adalah kotoran yang tersumbat di dalam pori-pori wajah karena terbuka. Komedo tersebut dapat menyumbat pori sehingga biasanya dapat menimbulkan masalah kulit lainnya.



Tentu Anda tidak mau’kan kulit Anda ‘dihiasi’ oleh komedo? Nah, di artikel ini, Anda akan menemukan berbagai cara mudah untuk mencegah komedo. Simak artikel ini.

Penyebab Munculnya Komedo

  • Minyak Berlebih. Inilah salah satu penyebab utama yang paling sering menjadi pemicu munculnya komedo di kulit. 
  • Perubahan Hormon. Ketika Anda mengalami fase pubertas, fase menstruasi, ataupun stress berkepanjangan, maka akan ada ketidakseimbangan jenis hormon penyebab jerawat seperti hormon androgen.
  • Bakteri. Terlalu banyaknya bakteri penyebab jerawat, yaitu Propanobacterium acnes merupakan salah satu penyebab munculnya komedo di kulit. 
  • Sel-Sel Kulit Mati Yang Menumpuk. Menumpuknya sel kulit mati di permukaan kulit juga merupakan penyebab munculnya komedo. 
Nah, setelah Anda mengetahui berbagai penyebab munculnya komedo, maka sekarang saatnya Anda mengetahui berbagai macam cara mencegah komedo secara mudah dan sederhana. Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.
  • Peeling Menghilangkan Komedo 
Untuk menghilangkan komedo ini biasanya dilakukan peeling. Banyak orang yang mungkin memilih datang ke klinik kecantikan untuk hal ini, atau memakai produk tertentu. Bagi anda yang mungkin lebih suka dengan cara alami, berikut cara peeling alami dan bisa dilakukan di rumah dengan mudah.
  • Peeling Putih Telur 
Pertama yaitu dengan menggunakan putih telur. Putih telur ini dapat membantu menghilangkan jerawat serta berkhasiat untuk kecantikan kulit lainnya. Untuk menghilangkan komedo, putih telur bisa dilakukan dengan cara mengusapkan putih telur pada wajah atau lebih tepatnya hidung. Kemudian, diamkan kurang lebih 15 menit hingga putih telur tersebut mengering. Setelah itu, bersihkan wajah hingga bersih. Sebelum anda mengoleskna putih telur ini, pastikan anda membersihkan wajah terlebih dahulu. Anda bisa lakukan cara ini 2-3 kali dalam seminggu agar hasilnya maksimal.
  • Peeling Uap Air Panas
Uap air panas juga termasuk salah satu cara alami untuk menghilangkan komedo. Cara ini juga tergolong efektif. Caranya yaitu dengan merebus air 1-2 liter sampai mendidih. Kemudian letakkan didihan air tersebut pada baskom yang sudah anda siapkan. Kemudian, uapkan wajah anda dengan menghadapkan wajah pada baskom tersebut, namun sebelumnya bersihkan terlebih dahulu wajah anda. Lakukan penguapan ini kurang lebih 3-5 menit. Tekan bagian kulit yang berkomedo selama penguapan dilakukan. Jika sudah selesai, bersihkan wajah dengan handuk. Cara ini tergolong aman dan efektif untuk kulit sehingga anda pun bisa melakukannya setiap hari.

Tips Mengatasi Komedo
Setelah Anda mengetahui berbagai macam cara mencegah komedo, maka kemudian Anda bertanya-tanya, bagaimanakah cara mengatasi komedo jika seandainya komedo sudah terlanjur menghiasi kulit Anda? Berikut ini ulasannya untuk Anda.

  • Menggunakan Bahan Herbal. Cara menghilangkan komedo dengan menggunakan bahan herbal adalah cara paling mudah dan juga aman. Bahan herbal seperti putih telur dan juga madu akan sangat membantu. Manfaat putih telur dan manfaat masker madu jelas sudah tidak diragukan. Kedua bahan herbal itu memiliki kemampuan untuk mengatasi bakteri penyebab jerawat sekaligus mampu menyingkirkan sel-sel kulit mati, debu, kotoran, dan minyak berlebih di kulit.
  • Menggunakan Obat Bebas. Menggunakan obat penghilang jerawat di apotik dan cream obat penghilang bekas jerawat yang ada di apotik seperti produk yang mengandung asam salisilat dan benzoil peroksida akan sangat bermanfaat. Asam salisilat akan menyingkirkan sel kulit mati dan minyak berlebih, sedangkan benzoil peroksida dapat memmbunuh bakteri penyebab jerawat.
  • Menggunakan Retinoid. Retinod merupakan obat jerawat parah dan obat jerawat batu yang mengandung Vitamin A, sehingga akan bermanfaat untuk mengatasi komedo. Kandungan Vitamin A di dalam retinoid akan dengan mudah mengatasi pori-pori kulit yang tersumbat dan juga memicu pengelupasan kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit yang baru. Hasilnya, komedo akan cepat menghilang.
  • Menggunakan Terapi Cahaya dan Laser. Menggunakan metode pengobatan ini akan sangat bermanfaat untuk mengatasi komedo. Nah, mengaa demikian? Hal tersebut dikarenakan menggunakan terapi cahaya dan laser dapat menekan produksi sebum dan juga mampu membunuh bakteri penyebab jerawat dalam waktu yang singkat, tanpa merusak struktur permukaan kulit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengencangkan Kelopak Mata Yang Kendur

Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan Wanita

Dari Pernafasan Sampai Kenikmatan